Rabu, 28 Juli 2010

STRUKTUR SOSIAL

Pengertian Struktur sosial
Pada dasarnya istilah struktur diartikan sebagai susunan terhadap sesuatu yang memiliki bagian-bagian atau unsur-unsur dalam membentuk suatu susunan.
Adapun asal kata struktur sosial berasal dari bahasa latin "Structrum" yang berarti menyusun.

Definisi Struktur Sosial Menurut Para Ahli
1). Raymond Flirth menyatakan bahwa struktur sosial merupakan suatu pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi pada dari banyak orang dan meliputi pula lembaga-lembaga diamana orang banyak tersebut ambil bagian.
2). Soerjono Soekanto (1993), bahwa organisasi berkaitan dengan pilihan dan keputusan dalam hubungan-hubungan sosial aktual. Struktur sosial mengacu pada hubungan-hubungan yang lebih fundamental yang memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisasi. Dengan kata lain, struktur sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan peranan-peranan sosial.
3). E.R. Lanch menetapkan konsep tersebut pada cita-cita tentang distribusi kekuasaan diantara individu dan kelompok sosial.

Dari definisi-definisi tersebut diatas disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat, yang didalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan dengan batas-batas perangkat unsur-unsur sosial yang mengacu pada suatu keteraturan prilaku didalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar